cara membuat artikel menarik untuk dibaca dan viral

Menulis conten yg bermutu serta menarik merupakan suatu pilihan. Ada banyak Cara membuat artikel menarik untuk dibaca dan viral. Anda dapat menentukan berapa banyak waktu yang diperlukan untuk membuat conten yang berkualits serta membuat brand dengan baik. Atau Anda dapat memilih untuk mengambil jalan pintas dengan membuat conten alakadarnya. Pilihanlah yang selanjutnya merugikan Anda lantaran hanya akan membuang buang waktu dan tenaga anda.

Bagi seorang Internet Marketer conten merupakan bagian dari inti pemasaran. Dimana fungsinya adalah untuk menambah posisi SEO [search Engine Optimization], memperoleh traffic serta lead. Tentunya untuk mendapatkan itu semua, Anda pelu membuat conten menarik serta berkualits buat situs website anda.

Apabila Anda menulis conten yg original, mesin-pencari bakal mendukung situs Anda untuk memperoleh tambahan viewer dengan menaikan posisi website anda. Google sangat tidak menyukai conten yang tidak orisinil atau biasa kita sebut duplikat. Google akan memberikan penalti pada situs dengan conten duplikat. Di sisi lain, Google akan memberikan reward pada situs yang memiliki konten original yang bermutu. Jadi conten yang menarik tidak hanya membuat situs kita menjadi lebih baik, namun dengan conten orisinal google akan memberikan nilai plus untuk meningkatkan posisi situs yang dapat mempunyai dampak positif pada usaha Anda.

Teknik Dalam Meningkatkan Conten Bermutu serta Menarik

Apa pun tujuan Anda dalam membuat website, baik buat usaha atau kegemaran pribadi [blooging], sangatlah penting untuk anda ingat dalam menjalankannya dengan benar. Pada kesempatan kali ini kami akan membuat artikel tentang sejumlah teknik untuk membuat serta meningkatkan conten yang bermutu. Pertama tama kita perlu untuk melihat beberapa hal yang dibutuhkan untuk membuat conten yang bermutu.

Buatlah Conten Yang Original
Seperti yang sudah di jelaskan diatas, conten yang original berjalan searah dengan Google serta pengunjung situs Anda. Menjiplak conten dari situs lain akan menyebabkan situs anda mendapatkan penalty dari google dimana anda harus memulainya kembali dari awal. Original pun bermakna orisinalitas. Gagasan yang Anda tuangkan dalam bentuk artikel haruslah original. Apabila anda selalu menggunakan postingan yang sama dengan konsep yang sama itu bukanlah sesuatu yang orisinal. Dan apabila diterbitkan, anda tidak akan mendapatkan responds dari pembaca situs anda dan ini tandanya anda sudah menyalahi aturan.

cara membuat artikel menarik untuk dibaca dan viral

Anda harus berkonsentrasi dalam menentukan judul Headline yang powerfull.
Headline yg baik akan memunculkan minat serta mengundang pembaca. Pikirkanlah statistik berikut ini:
• 80 persen orang menilai artikel anda hanya dengan membaca headline Anda
• 20 persen diantaranya akan melanjutkan membaca seluruh isi artikel anda
Atas dasar statistik di atas maka anda harus meluangkan waktu dalam membuat headline yang powerfull dikarenakan headline tidak kalah penting dengan artikel itu sendiri.

Dapat Memberikan solusi atau Jawaban
Apakah maksud akhir dari mesin-pencari? Apabila anda menjawaban “Untuk sediakan beberapa jawaban”. Maka jawaban anda adalah benar. Mesin pencari Google diciptakan untuk masalah ini. Ketikanlah suatu pertanyaan dilontarkan kepada Google, maka anda akan dibawa kepada website, video dan gambar.

Disaat orang memanfaatkan mesin-pencari, yang mereka ingin dapatkan adalah jawaban atas pertanyaan yang mereka ketikan di mesin pencari google. Itulah pekerjaan utama dari mesin pencari google. Sama dengan disaat orang membaca suatu tulisan dalam situs, menyaksikan infografik, atau menyaksikan suatu video, mereka menghendaki sebuah jawaban agar memperoleh pengetahuan. Satu point utama buat Anda, para pengguna mesin pencari google tidak hanya menghendaki jawaban, namun mereka mengkehendaki jawaban dalam sekejap.

Jadi buatlah selalu agar conten Anda ringan untuk dibaca supaya orang orang yang membaca artikel anda mendapatkan intinya dalam sekejap. Apabila anda pernah membaca judul atau sub judul dari buku atau artikel non fiksi. Pembaca akan dibuat penasaran serta bertanya-tanya dengan rasa ingin tahu. Menjadi penulis, tentunya kita harus bisa menyediakan jawaban serta memberikan informasi pendukung bagi pembaca artikel kita.

Tepat Dalam Memberikan laporan serta menggunakan informasi yang benar dan berkualitas.
Anda menulis suatu artikel untuk situs perusahaan, beberapa ratus orang membacanya namun pada kenyataanya,apa yang telah Anda tuliskan tidak tepat. Dapat Anda bayangkan resikonya dan dampak negatifnya pada perusahaan serta reputasi pribadi Anda. Ingat, situs Anda merupakan refleksi dari perusahaan Anda. Apabila ada masalah dengan situs anda, maka akan sangat beresiko pada bagaimana orang menyaksikan produk Anda. Setiap statistik yang akan Anda perlihatkan harus selalu diverifikasi. Banyak dari penulis situs atau blog memberikan atau menyebutkan sumber tulisannya.

Ketepatan dan akuratnya infomasi yang diberikan akan membuat keyakinan pembaca meningkat. Selanjutnya kita akan membahas sejumlah teknik yang berhubungan dengan masalah ini :

• Pertimbangkan siapa yang menjadi nara sumber anda. Apa sumber yang anda dapatkan diyakini serta mempunyai otoritas? Berikan tautan kepada situs situs yang bermutu dimana hal ini bakal membuat keyakinan dari pembaca Anda meningkat.
• Memberi tautan tambah banyak conten. Semakin bertambah tautan atau dukungan dari web otoritas atas apa yg Anda tuliskan, conten Anda bisa meningkatkan kepercayaan pembaca anda.
• Buat tautan atau dukungan ke sumber serta artikel yang beda agar mesin-pencari memahami isi dari conten Anda, serta bagaimana selayaknya conten ini dikelompokkan oleh mesin pencari.

Buat suatu artikel dengan persepsi baru [ENGAGING CONTENT]

Engaging conten tawarkan suatu hal yg baru, perspektif baru, pengetahuan, suatu hal yg berfaedah, memberi inspirasi, atau menghibur. Conten yg engaging memberikan pembaca akan suatu hal yg belum sempat mereka lihat atau baru pertama kali melihatnya.

Selanjutnya sejumlah teknik buat membatu Anda menulis conten yg engaging :

  • Buat pembaca bertanya-tanya. Ini bukan bermakna bikin tulisan yg belum juga usai, namun memasukkan pertanyaan yg bikin pembaca menggambarkan bagaimana mereka dapat mengimpelementasikan pengetahuan yg Anda jabarkan
  • Buat Bagian pembuka dengan mengesankan. Mau tahu bagaimana cepatnya orang bikin penilaian terkait suatu tulisan situs? Banyak orang mungkin cuma butuh membaca sejumlah kalimat awal untuk menentukan suatu tulisan apakah pantas dibaca. Beri tahu viewer anda, mengapa mereka harus terus membaca artikel anda serta beri mereka tahu apakah yang bakal Anda share melalui artikel di post anda.
  • Orang tertarik pada narasi atau cerita. Anda dapat menggunakan cerita pada bagian awal atau seluruhnya melalui situs anda. Narasi yang baik dapat mendukung serta mengklarifikasi suatu point. Dengan menggunakan cerita pada artikel anda, akan membuat isi dari artikel anda lebih engaging serta membuat pembaca anda belajar dengan cepat.

Apabila Anda menyediakan conten yang membuat anda berinteraksi dengan pembaca melalui kolom komentar, mesin-pencari mulai mengangap artikel yang anda tuliskan penting serta google akan menganggap kalau artikel yang anda buat selalu diupdate. tentunya hal ini akan berdampak positif bagi website anda, dimana google akan menyimpannya dan akan terus membuat mesin pencari kembali ke artikel anda.

Berkomunikasi Lebih Baik Dengan Memberi tambahan Gambar serta Video.

Orang belajar melalui caranya masing masing. Sebagian orang belajar lebih baik dengan menyaksikan, sementara yang lain belajar lebih baik dengan dengar. Dengan penambahan visual bikin orang belajar lebih baik. Baik melalui gambar, video,atau dengan diagram, bisa anda gunakan untuk mendukung point Anda. Cobalah anda lihat buku buku modern mana saja, Anda bakal mendapatkan gambar yang dimanfaatkan atau sengaja ditambahkan buat menambah pemahaman para pembaca dari apa yang coba dijelaskan oleh penulis.Apa pun gaya penulisan Anda usahakan selalu untuk menambahkan gambar. Tidak ada pembaca yang hanya menginginkan teks saja di dalam penulisan artikel anda. Buatlah menjadi lebih menarik dengan menambahkan gambar.

Buatlah Conten yang Pendek serta berbobot.
Satu pelajaran penting dalam membuat artikel adalah dengan membuat tulisan yang berisi informasi dan langsung kepada pokok persoalan. Jadi jangan terlalu konsentrasi pada banyaknya kata. Tulisan yang lebih panjang tidak berarti membuat artikel menjadi lebih baik. Sering kali dalam membuat tulisan yang lebih singkat membutuhkan waktu yang lebih panjang serta lebih sulit dibandingkan jumlah tulisan yang panjang.S

Senantiasa Update Situs Anda
Dalam membuat suatu situs dibutuhkan konsisten dan komitment. Apabila Anda menulis sejumlah tulisan lalu meninggalkan pekerjaan ini, maka situs yang anda bangun tidak akan mempunyai banyak pembaca atau konsumen baru. Bukan hanya itu, mesin-pencari pun tidak tertarik pada situs yang tidak diupdate secara berkala.

Apabila Anda punyai situs website, maka anda butuh mengupdatenya dengan teratur dengan conten bermutu. Banyak situs dengan conten terbagus diupdate dengan cara berkala. Situs yg memposting paling sering punyai jumblah pengunjung yang lebih banyak.

Ciri Ciri konten yang bermutu dan berkualitas.

Findable atau mudah ditemukan.

Artikel yang anda buat didalam website harus mudah ditemukan oleh pembaca. Ada dua hal yang bisa membantu artikel anda ditemukan oleh pembaca:

  1. Melalui mesin pencari google. Artikel yang anda buat haruslah bisa ditemukan dengan mesin pencari. ingat pembaca tidak tahu mengenai anda dan website anda. Penting agar anda bisa membuat artikel anda muncul di mesin pencari google.
  2. Melalui artikel didalam website anda. Apabila seseorang telah masuk ke dalam website anda dan membaca artikel yang anda buat, mereka juga harus bisa menemukan konten terbaru di dalam website anda.

Shareable, konten yang bermutu akan dibagikan pembaca anda kepada teman temannya.

  1. Setiap artikel yang menarik, pembaca selalu ingin membagikan tulisan anda melalui social media seperti facebook, linkein dan twiter.
  2. Semakin banyak artikel anda yang di share melalui social media, semakin baik traffic situs web anda.

Luangkan waktu agar artikel yang anda buat memiliki tingkat share yang tinggi. Lakukanlah riset akan judul dan gambar yang menarik, sehingga artikel yang anda buat memiliki nilai tambah serta berbeda dimata pembaca. Gunakan tools yang mudah agar artikel anda mudah untuk di share. Tentunya website anda juga harus cepat untuk di akses.

Readable Artikel. Konten bermutu harus selalu mudah untuk dibaca.

Tulisan yang bagus selalu memiliki konsep dan perspektif design. Artikel yang baik, memiliki tulisan yang mudah bagi mata. Hal yang perlu diperhatikan adalah: besar kecilnya tulisan atau font yang digunakan. Warna pada latar belakang tulisan atau teks yang enak dilihat oleh mata. Terkahir perhatikan jarak antar tulisan agar tidak terlalu dekat serta gunakan heading dan sub heading.

Memorable. konten yang bagus selalu diingat oleh pembaca.

Artikel yang bagus bisa menghibur pembacanya dan akan selalu di ingat. Membuat pembaca selalu kembali ke website anda dan memperkenalkan website anda kepada keluarga dan teman temannya.

Membuat suatu artikel yang menarik dan berkualitas bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Mulailah dari sesuatu yang anda sukai tulislah sesuai dengan passion anda. Hal menarik yang anda tuangkan didalam tulisan tidak akan pernah hilang oleh waktu. Beberapa tahun dari sekarang apa yang anda tulis akan terus dibagikan oleh google. Hal inilah yang akan membawa traffic bagi website anda.

Artikel yang menarik membawa traffic menuju website anda. Sekarang anda dapat juga mempelajari “bagaimana cara menghasilkan uang dari Artikel yang anda buat tanpa ribet” .   Pelajari juga manfaat dari content marketing bagi bisnis anda, baca ulasan lengakpnya di “Segala sesutau yang perlu diketahui tentang content marketing”. Bagi anda yang sudah memiliki website dan ingin menambah wawasan lain coba lihat artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares