Digital Marketing strategy dan trend terbaru yang perlu anda ketahui

Digital Marketing strategy dan trend terbaru yang perlu anda ketahui

Digital Marketing strategy dan trend terbaru yang perlu anda ketahui agar bisa memenangkan persaingan berikut ini hal yang perlu kalian ketahui apa saja yang termasuk didalmnya serta manfaat dari setiap platform yang digunakan.

Dalam beberapa tahun terakhir, istilah digital marketing banyak dibicarakan di seluruh belahan dunia. Banyak perusahaan besar maupunusaha kecil menegah

mulai menggunakan digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnisnya. Banyak training training dan jasa Digital marketing bermunculan dimulai pembuatan website,

conent marketing, social media, dropship, SEO untuk pengoptimal website, blogging, email marketing, mobile marketing hingga Affiliate marketing.

Digital marketing adalah suatu bentuk pemasaran barang atau jasa secara digital (menggunakan internet sebagai media promosi). hal ini meliputi Direct marketing dan indirect marketing. Melalui media online para konsumen atau audience bisa menemukan brand anda melalui blog, social media dan lain sebagainya. Dari platform tersebutlah mereka berinteraksi kepada kita.

Sebelum mulai memasarkan produk dan jasa melalui pemasaran digital, ada baiknya kita memiliki gambaran jelas setiap platformnya, shingga kita bisa menjadi lebih optimal dan berhasil dalam menjual produk dan jasa kita.

DIGITAL MARKETING STRATEGY.

Digital Marketing strategy dan trend terbaru yang perlu anda ketahui
Digital Marketing strategy dan trend terbaru yang perlu anda ketahui

Di dalam digital marketing penerapan strategy tentulah berbeda di setiap masing masing platform yang digunakan. Dimana setiap platform memiliki fitur dan kegunaan yang berbeda. Berikut ini adalah kategori atau platform yang terdapat pada pemasaran Digital:

  • WEBSITE

Tentu merupakan hal wajib bagi kita yang ingin serius dalam membagun brand serta menggunakan platform digital dalam memasarkan produk atau jasa. Web terbagi menjadi 3 kategori utama yaitu: Official web [web perusahaan], bloging dan ecommerce [online shope]

Ketiga kategori tersebut memiliki perbedaan dalam pengaplikasiannya.

Website utama: fungsinya lebih kepada exsistensi perusahaan serta branding di dunia online. Memiliki website ibarat memiliki kantor atau toko. Hal ini dapat membangun trust dengan konsumen anda sehingga memudahkan mereka dalam bertransaksi.

Blogging: Dikalangan digital marketer bukanlah hal baru terutama yang bermain affiliate marketing. Blogging memiliki peran penting dalam membangun sebuah brand. Fungsinya lebih kepada mengedukasi konsumen atau target market. Biasanya bersifat trips and trick, cara mengatasi sesuatu atau bisa berupa satu informasi yang betul betul bermanfaat bagi konsumen.

E-commerce [online shop]: Direct sales langsung kepada penjualan produk. Biasanya melalui online shop kita langsung mepromosikan produk memberikan info akan stok dan warna. Selain untuk direct sales fungsi lain dari online shop ini adalah untuk mendapatkan reseller atas produk yang kita pasarkan.

Strategi yang digunakan dalam mengoptimasi website adalah:

SEO [search engine optimization]

Merupakan satu langkah yang harus kita ambil agar website yang kita buat memiliki peringkat yang bagus di dalam mesin pencarian seperti: google, bing, yahoo, aol dan lain lain. Umumnya konsumen hanya akan melihat pada 3 halaman pertama di alam hasil search engine.

SEO sendiri terbagi menjadi 2 hal yang harus dijalankan:

On Page: cara mengopimasi post dan page pada website agar Mudah terindex google. Hal yang perlu diperhatikan adalah: cara penyusunan website, memilih atau membidik kata kunci yang sesuai dengan produk kita, memasukan kata kunci ke dalam URL, gunakan LSI keyword, konten yang panjang dan berbobot.

Pastikan didalam konten terdapat internal link yang mengarah ke postingan kita yang lain. Pastikan minimal 3 internal link terpasang dalam satu artikel. Buatlah internal link senatural mungkin. Perhatikan juga penggunaan heading dan sub heading dalam penulisan artikel. Pastikan dalam heading ada kata kunci yang dibidik.

Pastikan juga dalam website kita  terdapat external link menuju website lain. Dengan begitu google akan memberikan poin kepada website kita. Pastikan external link yang kita buat berkualitas.

Dalam mengoptimasikan on-page seo, hal yang tidak kalah pentingnya adalah kecepatan loading website. Pastikan hosting yang anda gunakan memiliki kualitas hosting yang baik. Serta gunakan theme yang mobile friendly. Dikarenakan banyak pengguna mengakses internet melalui mobile, Google memberikan nilai plus apabila website mobile friendly. Yang terakhir selalu gunakan multimedia [gambar, embed video, diagram] pada website.

Off page: Cara pengoptimalan off-page SEO membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan on page. Hal ini juga membutuhkan konsistensi dan ketekunan dalam menjalankannya. Pastikan agar Website kita sudah maksimal dalam On-page SEO sebelum menjalankan Off-page.

Pada dasarnya Off-Page seo merupakan kebalikan dari On-page. Hal yang kita lakukan tidak ada sangkutan dengan internal web utama kita. Tetapi lebih kepada membangun Back link atau link building. Hal ini seperti seberapa populernya website kita dimata google. Pastikan kita mendapatkan link building dari web yang memiliki authority. cara alaminya adalah dengan membuatt kontent yang bermutu dan berkualitas, sehingga website kita dijadikan refferal oleh web milik orang lain. Cara lain bisa juga dengan memberikan komentar di web atau blog orang lain, tentunya komentar yang relevan degan apa yang diposting oleh pemilik web.

Social Media, dimana bisa juga dijalankan sebagai on-page. Social media merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan sebuah content atau artikel. Pastikan ada link menuju website kita. Hal ini jika dilakukan dengan konsisten dapat meningkatkan traffic menuju web kita.

Local SEO, optimasi berdasarkan lokasi pengguna. Hal ini dikarena banyaknya pengguna mobile, dimana hal ini dapat memudahkan pengguna yang berada di sekitar tempat kita untuk menemukan website kita. Ibarat memasukan pin kedalam maps. jadi fungsinya apabila ada orang yang posisinya berdekatan dengan lokasi bisnis kita dan mencari sesuatu yang berkaitan dengan konten atau artikel pada website kita, maka google akan memunculkannya.

Dengna menggunakan tools seperti: Adwords, ahref, Moz. dimana melalui tools tersebut kita dapat melihat dan meniru kompetitor kita dan mengetahui jumblah backlink dan sumber backlink dari competitor kita.

Content Marketing

Content marketing merupakan artikel pada blog yang sifatnya adalah memberikan nilai tambah kepada konsumen atau audiences. Lebih tepatnya branding produk atau merek. Di era digital yang berkembang pesat, konsumen memiliki kebebasan dalam memiliih informasi dan apa yang ingin dilihat atau didengarnya. Tradisional marketing yang dulu amat populer digunakan pada dunia digital seperti: iklan pop out, banner dan lain sebagainya sekarang sudah banyak ditinggalkan. Hanya dengan sekali click semua banner atau pop up dapat dengan mudah dihilangkan.

Melalui Content marketing, kita mengedukasi konsumen, memberikan apa yang mereka butuhkan sehingga merk atau brand yang kita tawarkan menjadi begitu melekat dibenak konsument. Tentu saja pada pelaksanaanya dibutuhkan juga judul yang menarik dan konten yang solid dan bagus. Content juga bisa dilakukan pada social media sifatnya bisa direct atau indirect. Contoh: mungkin pada facebook page, kita bisa memposting artikel dari blog kita atau mungkin memposting yang sifatnya edukasi dan berhubungan dengan industri kita. Bisa juga melalui ebook [tips and trick] dimana pada pelaksanaanya dengan memberikan email atau membership melalui website utama kita. dimana fungsinya adalah untuk mengumpulkan database.

Email Marketing.

Merupakan cara berkomunikasi yang banyak digunakan belakagan ini. Biasanya digunakan internet marketer sebagai pemberitahuan akan artikel atau konten baru pada sebuah blog, peluncuran produk atau fitur baru dari sebuah produk atau jasa, membarikan potongan discount bagi pengunjung yang pernah mengunjungi E-commerce atau online shop. Bisa juga digunakan untuk masukan dan saran atau melakukan survei online.

Email merupakan peran penting dalam berinteraksi dengan konsumen. Email merupakan database yang didapatkan oleh perusahaan, dimana dapat digunakan kembali untuk meluncurkan produk baru atau dalam melakukan kampanye baru. Mulailah secara perlahan mengumpulkan email dari konsumen yang pernah mengunjungi blog, atau dengan membagikan ebook gratis dengan mengirim link downloadnya melalui email yang mereka berikan.

Ada beberapa Email marketing tools yang  membantu kita dalam menangani subscribe pada website kita. Dengan bantuan tools kita dapat memilih template agar tampilan nya berbeda tidak seperti email pada umumnya.

Social Media.

Hal ini bisa dikatakan cara tercepat dalam memasarkan produk atau jasa kita kepada konsumen. Di era digital hal pertama yang dilalkukan pada saat online adalah mengunjungi facebook, instagram, path, linkedin, twitter dan lain lain. Social media merupakan paltform dimana kita saling bertukar informasi, foto, membagikan kenangan, bertemu teman lama. Hal inilah yang membuat social media merupakan online database terbesar didunia. hampir semua orang mempunyai account di social media.

Tentunya dengan begitu banyaknya database, dapat kita bayangkan seberapa besar pangsa pasarnya. yang kita perlukan adalah menemukan produk yang tepat kepada orang yang tepat.

FACEBOOK MARKETING: ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan penjualan produk atau meaikan kunjungan ke website. Metode memanfaatkan Facebook untuk mengoptimasi bisnis kita:

  • Facebooks Ads. Merupakan fitur promosi berbayar dimana sifatnya bisa berupa conversi ke website, mengumpulkan database, melakukan survei [biasa dilakukan untuk mencari pasar, penentuan target market], launcing produk baru dan masih banyak lagi. Ada banyak fitur yang telah disediakan facebook masing masing memiliki fungsi yang berbeda. Sebelum bisa menggunakan fitur ads ini, kita membutuhkan fanpage.

DIGITAL MARKETING STRATEGY, FACEBOOK ADS

Buat lah fanpage sesuai dengan produk atau jasa yang anda jual. posting pada fanpage penting dilakukan secara berkala. fungsinya agar apabila running campain ads kita selesai, orang yang belum membeli masih dapat menemukan page yang telah kita buat.

  • Facebook Group: Fungsinya adalah saling mendukung atau berbagi sesama pemain atau individu yang berada pada industri yang sama dengan kita. Postinglah kata kata motivasi, solusi sebuah tantangan atau mungkin pertanyaan yang bisa dilemparkan ke group.
  • FanPage: buatlah page yang berhubungan dengan website anda atau barang yang anda jual. buatlah postingan yang berkualitas. Bisa juga  membuat tulisan di blog lalu posting melalui timeline atau page. Semakin banyak pengikut fanpage kita semakin bagus. Sama dengan mengumpulkan database sesuai dengan minat yang kita tawarkan melalui fanpage.

INSTAGRAM MARKETING: Sebuah platform yang menawarkan media visual sebagai bentuk komunikasinya. Dalam beberapa tahun belakangan ini Instagram marketing mengalami pertumbuhan yang begitu pesat sejak pertama kali diluncurkannya. Indonesia menempatkan posisi ketiga sebagai pengguna atau user terbanyak di dunia. Hal inilah yang membuat instagram banyak digunakan oleh online shope sebagai media utama dalam memasarkan produknya.

DIGITAL MARKETING STRATEGY, INSTAGRAM MARKETING
DIGITAL MARKETING STRATEGY, INSTAGRAM MARKETING

Strategi yang dibutuhkan tidaklah serumit dalam membangun website. Namun tetap dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Buatlah username yang mewakilkan brand anda, pasang foto yang profesional pada profile picture. Disertakan dengan biodata dan link to website jika ada atau link to line atau watsapp. Lakukan optimasi secara berkala dengan mengumpulkan followers buat akun kita. Tentunya juga harus didukung dengan foto yang cukup banyak dan profesional. Bagi pemula biasanya membutuhkan 200 hingga 300 foto yang disertakan dengan hastag# pada produk. Lakukan secara  konsisten dalam melakukan follow akun yang tertarget, unfollow yang tidak approve. Perhatikan juga jam yang bagus untuk memposting foto high traffic.

Kita juga dapat menggunakan Instagram Ads melalui fitur yang ada dalam facebook Ads.

YOUTUBE MARKETING: Merupakan media social yang menggunakan video sebagai paltformnya. Tentunya dengan dukungan teknologi internet supercepat saat ini, youtube banyak digandrungi penggunanya atau yang biasa kita kenal dengan youtuber. Ada beberapa cara dalam penggunaanya sebagai media promosi untuk produk yang kita tawarkan.

DIGITAL MARKETING STRATEGY, YOUTUBE MARKETING
DIGITAL MARKETING STRATEGY, YOUTUBE MARKETING
  1. Direct selling: Dengan melakukan presentasi yang direkam melalui camera kemudian diupload ke youtube channel masing masing. Tentunya untuk mengakses youtube ini kita membutuhkan account Gmail. Bagikanlah video mengenai industri yang kita geluti. berikan tips atau trick, bisa juga menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan konsumen. Atau bisa juga melakukan riview product.
  2. Adsense: Channel yang kita buat dapat kita tawarkan ke youtube untuk disisipkan iklan didalamnya. bentuknya bisa berupa banner atau video. Sudah banyak perusahaan besar yang mulai menggunakan youtube sebagai sarana promosi mereka. Tentunya sebelum mendaftarkan diri ke adsense ada beberapa hal yang harus kita penuhi seperti jumlah subscribe dan viewers pada content video yang kita buat.

AFFILIATE MARKETING

Memasarkan produk orang lain yang sifatnya hanya mereffrensikan konsumen ke website affiliate kita. Bagi kalian yang memiliki produk sendiri, Affiliate marketing tentu saja merupakan peluang mendapatkan agen untuk membantu memasarkan produk kita. Dengan melakukan program affiliate dengan internet marketer, tentu saja kita sebagai pemilik bisnis dapat menghemat budget promosi.  Bagi konsumen yang direfferalkan dan terjadi pembelian maka yang kita wajib membayarkan komisi sesuai dengan kesepakatan awal. biasanya besarannya tergantung dari barang yang dijual dimulai dari 3% hingga 30%.

Banyak blogger atau penulis konten diluar sana membangun website atau blog tidak memiliki produk untuk dijual. Biasanya mereka menulis artikel atau konten dengan niche tertentu untuk mendapatkan traffic menuju web atau blognya. Didalam blognya biasanya berisikan beberapa banner yang menuju ke website affiliate.  Bagi kalian yang memiliki brand sendiri atau produksi produk sendirim affiliate marketing bisa membantu meningkatkan omzet penjualan.  Contoh Affiliate marketing: lazada, SB1M, Amazon, Smart Detox, Ebay dan masih banyak lagi.

 

DIGITAL MARKETING STRATEGY, AFFILIATE MARKETING
DIGITAL MARKETING STRATEGY, AFFILIATE MARKETING

TREND DIGITAL MARKETING

Di era yang serba cepat dalam mendapatkan informasi kita tidak bisa lagi mengandalkan marketing yang old fashion. Dunia teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dalam hitungan bulan akan bermunculan paltfom – platform baru, tools baru. Apa yang kita gunakan saat ini belum tentu ada dikemudian hari. Belakangan ini kita warga Indonesia cukup dikejutkan dengan berita penutupan Path. Digital marketing bukanlah sesuatu yang baku dan hal yang pasti. Melainkan sebuah prosess pembelajaran dengan terus melakukan test dan ukur. Waktu adalah investasi terbesar kedua adalah komunitas atau group yang terdiri dari sesama enthusias, visi serta tujuan yang sama.

Berikut ini Trend Digital marketing Saat ini:

  • Influencer  atau munkin bisa kita sebut selegram atau mungkin bisa kita artikan orang yang memberikan pengaruh di dunia digital. bisa dilihat dari jumlah subscriber atau follower. Semakin cepatnya informasi yang didapat, tentu semakin mudah konsumen dalam mendapatkan review atau pandangan dari sesama pengguna barang atau jasa di dunia digital. menggunakan Influencer bisa meningkatkan traffic atau conversion rate sementara tapi dalam jangka panjang, kualitas dan rivew sesama pengguna lah yang menentukan.
  • Bagi yang menggunakan google ads atau facebook,  niche market dan kualitas iklan sangat menentukan. Di era digital ini konsumen atau audiences lebih diuntungkan. Banyak sekali platform sekarang menyediakan fitur untuk skip atau close iklan yang tidak relevant atau menggangu. Itu sebabnya mengapa content marketing dan building brand image lebih powerfull dibandingkan iklan. Generasi yang akan datang merupakan generasi millenial yang melek akan teknologi. Mereka haus akan informasi yang uptodate dan terpercaya. Itu sebabnya dunia marketing selalu dikatakan dinamis dan terus berubah. apa yang kita lakukan saat ini belum tentu berhasil di kemudian hari.
  • Iklan lebih tertarget. Pentingnya bagi kita semua memahami siapa target market kita. Bgaimana dengan pola konsumsi, bahasa yang digunakan serta level pendidikan dan jaringan pertemanan. Content masih memainkan peranan penting.
  • Video marketing. Belakangan ini  banyak platfom yang mengeluarkan fitur baru yaitu live video.  hal ini dapat kita lihat dari jumlah pengguna youtube, penambahan fitur insta live yang berupa video, dan tentunya jumlah iklan lokal yang meningkat pada youtube channel yang kita ikuti atau pada saat kita menenton video pada youtube. Ditambah lagi dengan semakin gencarnya youtube indonesia memberikan edukasi dan penghargaan kepada content creator di youtube atau orang yang memiliki chanel di youtube dengan jumlah subscriber yang melebihi target dari youtube sendiri.

Masih banyak lagi yang dapat merubah industir Digital marketing. Namun hal diataslah yang merupakan hal penting dalam perkembangan dunia Digital marketing ke depannya. Semakin banyak blog atau artikel maupun content yang membahas masing masing point dari tulisan di atas, tentunya akan semakin banyak yang mempraktekannya. Hal tersebutlah yang membuat dunia digital terus berubah. Apa yang kiranya berhasil sekarang ini, mungkin dalam satu tahun ke depan hal tersebut sudah menjadi usang lantaran banyak yang sudah menerapkannya sehingga alotgaritma google, facebook, instagram diperbaharui, sehingga polanya berubah dan menajadi laebih sulit. Sama seperti hukum alam, semakin banyak supply maka harga yang beredar dipasaran semakin murah. Semakin sedikit supply, maka harga akan semakin mahal. Semakin banyak yang mempelajari dunia SEO, SOCIAL MEDIA MARKETING, EMAIL MARKETING.  Semakin susah untuk bersaing dikarenakan ketatnya kompetisi. Dibutuhkan hal baru out of the box untuk memenangkan kompetisi. Hal inilah yang membuat pola pemikiran baru, strategi baru serta tools yang baru untuk memudahkan dan memenangkan persaingan.

Dunia digital marketing , pada prinsipnya sama dengan dunia offline hanya saja materi promosi nyalah yang berbeda. Jama dahulu kita melihat atau mengenal brand melalui televisi. Namun pada jaman sekarang, Media sosial lah yang membuat suatu berita menjadi viral dan terkenal. Tidak ada sesuatu yang terjadi tiba tiba. begitu juga halnya dalam dunia teknologi. Internet diciptakan pada tahun 1969. Namun impact nya baru sekarang kita rasakan.

Pembelajaran yang terus menerus lah yang merupakan kunci sukses di kemudian hari.  Terima kasih telah membaca, apabila ada yang perlu diperbaiki atau kalian memiliki pengalaman baru atau sekerdar share keberhasilan dan kegagalan sesuai dengan materi di atas, bisa mengisi kolom komentar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares