microsoft berduka atas kepergian salah satu pendirinya Paul Allen

Berita mengemparkan, Microsoft berduka atas kepergian salah satu pendirinya Paul Allen. Technology dunia kembali berduka. Satu diantara pendiri Microsoft, Paul Allen wafat dalam umur 65 tahun. Paul wafat dikarena komplikasi limfoma non-Hodgkin, penyakit kanker getah bening yg sudah dideritanya sejak mulai bertahun-tahun. Pada 2009 dia lantas sempat dirawat secara mendalam lantaran penyakit ini. Allen didiagnosa menderita kanker yang berbeda. Kondisinya diberitakan bertambah buruk pada tahun 2018. Tidak cuman menderita kanker limfoma, Allen pun didapati menderita penyakit kanker yang lain pada awal 1980-an sebelum keluar dari Microsoft.

microsoft berduka atas kepergian salah satu pendirinya Paul Allen
microsoft berduka atas kepergian salah satu pendirinya Paul Allen

Sejarah singkat pendiri Microsoft

Bersama dengan Bill Gates, Allen mendirikan Microsoft yg sekarang menjelma jadi satu diantara perusahaan raksasa technology dunia. Umur yg terpaut dua tahun lebih tua dari Gates membuat keduanya mempunyai visi yang berbeda dalam mendirikan sebuah perusahaan.

Sama juga dengan Bill Gates yg tidak menyelesaikan studinya, Allen pun di keluarkan dari Washington State University pada tahun 1974. Sesudah drop out, dia selanjutnya memulai karirnya bersama dengan Honeywell di Boston.

Pertemuan kedua-duanya berasal dari suatu ruangan computer di Lakeside School, Seattle pada tahun 1968. Kedua-duanya didapati mempunyai ketertarikan yg sama dibidang komputer. Allen jugalah yang menjadi pribadi yg memberikan gagasan kepada Gates untuk tinggalkan bangku kuliah demi merintis sebuah perusahaan.

” Pada saat itu (awal mendirikan Microsoft) kami cuma bermain-main, atau demikianlah yg kami sangka, ” kenang Gates berkaitan dengan pribadi Allen yg dituangkan dalam buku yang berjudul ” The Road Ahead ” .

Sebelum merajai usaha perangkat lunak yang didirikannya, Allen malah menentukan untuk keluar dari Microsoft pada tahun 1983. Perselisihan akan visi dan misi membuat kedua-duanya sulit unutk bekerja sama. Hal inilah yang membuat Allen untuk tinggalkan partner bisnisnya.

Setelah memutuskan untuk hengkang dari Microsoft, Allen memutuskan untuk menjadi seseorang investor lewat perusahaannya yg bernama Vulcan. Dia mulai berinvestasi dengan beragam perusahaan dari berbagai macam pasar. Portofolio perusahaan Vulcan saat ini memiliki beberapa aset mulai dari Museum of Pop Culture di Seattle, lalu ada juga perusahaan yang berorientasi kepada machine learning untuk menghambat efek pergantian iklim, sampai memiliki Stratolaunch yg mengerjakan pembuatan pesawat luar angkasa.

Ia dikenal sebagai seorang Investor, Pengusaha dan Filantropi


Walaupun tidak kembali bergulat di ranah industri technology, penggemar musik ini diketahui menjadi pribadi yg rendah hati serta dermawan. Dia didapati menggelontorkan dana lebih dari US$1 miliar untuk sejumlah besar project filantropi di bagian selatan Seattle Lake Union, AS. Pada kesempatan yg sama, dia pun mendirikan Allen Institute untuk penelitian dan pengembangan otak.

Allen dikenal dunia sebagai investor, seorang pengusaha dan salah satu filantropi dunia. Kekayaannya diprediksikan sekitar US$20, 3 miliar. Hal inilah yang membuat dirinya masuk ke posisi no 46 orang terkaya di dunia.

Paul Gardner Allen lahir di Seattle pada 21 Januari 1953  dari pasangan bapak seorang penjaga perpustakaan serta ibu seseorang guru.Menurut saudara wanita Paul, Jody Allen, Paul Allen merupakan seseorang pribadi yg fantastis. Dia diketahui tidak gampang menyerah dan selalu menantang penyakit yg dideritanya sejak mulai sekian tahun lalu. ” Saudaraku merupakan seseorang individu yg fantastis. Ia merupakan saudara serta paman yg sangatlah kami cintai, serta kawan yg fantastis, ” papar Jody. Diambil dari CNBC, Selasa (16/10/2018) , dalam dua minggu terakhir Paul sudah sempat menjelaskan ingin selalu menantang penyakit yg dideritanya dengan cara melakukan beragam project besar bersama team olahraganya, Seattle Seahawks. Akan tetapi faktanya berbeda.

CEO Microsoft, Satya Nadella lantas mengungkap belasungkawanya melalui Twitter. Lewat pengakuan resminya, Nadella lantas menyatakan banyak pelajaran yang diambil dari Paul Allen. Dia menyampaikan kalau Paul Allen merupakan pribadi yang berada dibalik Microsoft. ” Menjadi pendiri Microsoft, dengan langkahnya sendiri yg tenang serta pantang menyerah, dia mengembangkan  produk, pengalaman, serta instansi ajaib. Dia membuat perubahan dunia, ” papar Nadella.

Siapa sangka perusahaan yang didirikan oleh Paul Allen dan Bill Gates merajai industri teknologi saat ini. Apa yang dulunya mungkin hanya project uji coba ternyata membuahkan hasil yang luar biasa. Mari kita manfaatkan perkembangan teknologi informasi dengan mulai belajar bagaimana mengembangkan bisnis di era Dgital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares