Segala sesutau yang perlu diketahui tentang content marketing

Artikel kali ini akan membahas tentang” Segala sesutau yang perlu diketahui tentang content marketing” penting untuk dipahami dan diimplementasikan.

 

MEMAHAMI APA YANG DIMAKSUD DENGAN CONTENT MARKETING

segala sesuatu yang perlu diketahui tentang content marketing
segala sesuatu yang perlu diketahui tentang content marketing

konten marketing merupakan segala bentuk informasi atau artikel yang memberikan nilai kepada konsumen, sehingga secara langsung atau tidak langsung mempromosikan bisnis, merek, produk, atau jasa. Konten marketing dapat dijalankan baik online maupun offline. Di era yang serba digital saat ini, konten marketing menjadi lebih mudah disampaikan ke konsumen, hal tersebut dikarenakan banyaknya alat bantu atau tools yang disediakan di setiap social website. Hal inilah yang membuka kesempatan bagi perusahaan kecil, menegah dan besar untuk saling berkompetisi. Kompetisi di sini bukanlah untuk merebut pangsa pasar melainkan berkompetisi untuk saling memberikan pengaruh dan suara terhadap masing masing produk atau brand yang mewakili perusahaan.

Pemasaran bisnis menggunakan konten marketing atau artikel, bukanlah konsep baru. Namun dalam penggunannya telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini sudah banyak perusahaan yang memilih dalam menggunakan content marketing sebagai bagian dari pemasaran dibandingkan dengan mencetak brosur dengan janji janji promosi dan gambar. Kontent marketing saat ini berfokus pada menciptakan artikel yang bermakna dan berguna bagi konsumen.

MERUBAH GAYA PEMASARAN DI ERA DIGITAL.

Pada abad ke-21, konsumen di dunia online Selalu mencoba untuk menghindari iklan dan janji pemasaran. Pada jaman dahulu banyak perusahaan yang berlomba mendapatkan perhatian dari konsumen dengan membuat iklan yang memberikan kejutan atau menggunakan hal hal yang berbau seksual. Namun di era yang serba digital saat ini, taktik yang sama tidak lagi afektif dikarenakan saat ini konsumen mendapatkan alternative baru di dunia online. Dimana iklan iklan dapat disingkiran dengan mudah dengan sekali klik.

Konsumen jaman sekarang adalah generasi yang serba digital dan selalu connected. Mereka memiliki akses ke sejumlah besar informasi, seperti akses instan ke berita real time dari rumah mereka, kantor dan perangkat mobile. Mencoba mendapatkan perhatian konsumen di dunia digital dengan hanya memberikan janji promosi tidak lagi efektif seperti dahulu. Perusahaan pada  saat ini harus cepat dalam menunjukkan nilai tambah mereka apabila ingin mendapatkan perhatian dari konsumen.

Untuk mencapai sukses, perusahaan harus melibatkan konsumen daripada hanya membombardir  mereka dengan janji janji promosi. Mari kita ambil contoh iklan pop-up yang sering muncul di suatu situs web. Beberapa tahun sebelumnya, iklan pop up begitu populer dikalangan para internet marketer. Namun saat ini iklan tersebut sudah tidak lagi banyak digunakan. Dikarenakan sangat menggangu konsumen dan mengakibatkan mereka berpaling dari anda.

 MENCAPAI KEMAJUAN DI ERA DIGITAL DENGAN BRANDING.

Jika dilihat dari stuktur dan budaya situs, website biasanya terdiri dari artikel /content, pesan, spam dan sebagainya.   Begitu banyaknya artikel dan website, tentunya banyak dari kita yang bertanya tanya bagaimana kita bisa mendapatkan perhatian dari konsumen tanpa harus melakukan sesuatu yang dramatis? Disinilah kita bisa memulainya dengan prinsip dasar membangun sebuah merek melalui content marketing.

Membangun sebuah merek tidak akan terjadi hanya dalam semalam. Tidak peduli seberapa efektif dan persuasifnya content marketing anda. Mulailah dengan pemahaman dasar mengenai pentingnya konten marketing dalam membangun brand dan reputasi online anda.

Sebuah merek yang kuat dapat menyebabkan bisnis anda tumbuh secara fantastis. Tujuan dari conten marketing adalah membangun brand dan meningkatkan nilai dari produk atau jasa yang anda tawarkan untuk kesuksesan jangka panjang dan pertumbuhan perusahaan Anda.

Langkah-langkah dasar yang diperlukan dalam membangun conten marketing :

  • Konsistensi: semua pesan dan janji yang ingin disampaikan kepada konsumen anda harus terus menerus dikomunikasikan. Dampak dari hilangnya konsistensi dalam membuat konten, akan membuat konsumen anda berpaling dari anda dan mereka akan memilih brand yang memberikan apa yang mereka harapkan.
  • presistence: membangun sebuah brand sangat membutuhkan waktu. Yaitu melalui upaya terus-menerus menyebarkan berita dan pesan agar bias memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Restraint: Sebuah Merek harus tetap fokus dan menolak semua kegiatan bisnis yang bertentangan dengan janji yang tengah dikomunikasikan oleh brand tersebut.

Dengan membuat konten yang menarik dan terus konsisten dalam mengkomunikasikan janji yang tertera pada merek anda, maka secara bertahap konsumen akan mulai memiliki pemahaman akan nilai dari merk tersebut. Mereka mulai membicarakannya dan membagikannya kepada sahabat dan keluarga mereka. Melalui konten marketing anda menciptakan pelanggan yang setia terhadap merk anda. Tidak dibutuhkan modal yang besar dalam membuat konten marketing. Yang dibutuhkan hanyalah waktu dan usaha anda.

MEMAHAMI PERILAKU PEMBELI DAN PROSESNYA.

Perubahan prilaku konsumen dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa merupakan alasan mengapa content marketing begitu penting dan menjadi bagian dari rencana pemasaran bisnis. Pada era digital konsumen tidak lagi mengandalkan televisi atau media cetak lainnya untuk mendapatkan informasi tentang sebuah produk atau jasa. Melainkan mereka akan mencari review dan ulasan melalui website dan social media.

Penelitian menunjukkan bahwa sebelum melakukan pembelian, konsumen melakukan sebagian besar waktu mereka untuk melakukan research secara online. Mereka membaca review dari para ahli dan konsumen yang telah menggunakan produk yang mereka inginkan dalam sehari-hari. Mereka juga mencari perbandingan melalui beberapa online shop, dan mereka juga mengajukan pertanyaan di forum, blog, profil jaringan sosial, twitter dan lainnya. Konsumen dapat mempelajari produk dan layanan yang mereka cari dan memutuskan dimana mereka akan melakukan pembelian.

Dalam hitungan detik, konsumen dapat menemukan ulasan dan pendapat yang betul betul jujur dalam meriview produk yang diinginkannya. Tentu tidak semua review memberikan pandangan yang seimbang. Tetapi intinya adalah dimana konsumen melakukan research dan melakukan pembelian.

Kesimpulannya, Anda tidak hanya perlu untuk mewakili bisnis Anda di ruang online, tetapi juga Anda perlu memonitor perkembangan bisnis anda melalui percakapan di dalam website anda untuk memastikan bahwa mereka secara akurat memahami nilai atas brand yang anda tawarkan.

Ingat bahwa conten tidak bisa sepenuhnya berisi pesan promosi. Konten harus selalu menarik, atau akan diabaikan karena akan diangap spam oleh konsumen.

MENJADI PUSAT PERHATIAN PELANGGAN.

Ketika perusahaan pertama kali membuat situs web, Biasanya hanya berisi informasi statis dan hanya menawarkan informasi satu arah. Semakin berkembangnya dunia online, sekarang ini situs web menjadi lebih transaksional. Dimana konsumen dapat langsung membeli melalui situs online. Namun hal tersebut masih merupakan pola komunikasi yang dijalankan satu arah. Kehadiran social medialah yang membuat pola komunikasi berubah. Sekarang ini interaksi antara prerusahaan dan konsumen menjadi lebih terbuka.

Semakin mudahnya mengakses informasi, konsumen semakin tidak sabar dan berubah ubah. Dalam hal ini perusahaan perlu memberikan informasi yang membuat mereka semakin cerdas serta membantu dalalm berbagai aspek kehidupan. Buatlah website anda  menjadi tujuan utama disaat konsumen anda online. Pada saat berinteraksi dengan konsumen anda, berikanlah alasan yang kuat agar mereka mengunjungi website anda dan berinteraksi dengan anda dan konten yang anda buat.

MEMBANDINGKAN TRADISIONAL ONLINE MARKETING, MEDIA SOSIAL DAN CONTENT MARKETING.

segala sesuatu yang perlu diketahui tentang content marketing
segala sesuatu yang perlu diketahui tentang content marketing

Masih Banyak orang yang masih belum paham tentang perbedaan antara tradisional online marketing, Social media dan Content marketing. Ketiga bentuk pemasaran digital tersebut sering tumpang tindih. Namun, Anda perlu memahami perbedaan mendasar jika Anda ingin sukses dalam pemasaran bisnis Anda.

Tiga bentuk utama dari pemasaran digital adalah sebagai berikut:

  • Tradisional online Marketing: Semua bentuk pemasaran yang dilakukan menggunakan media online. Tradisional online marketing dijalankan jauh sebelum adanya social media dalam hal ini mencakup: iklan online (seperti spanduk, pop-up, flash, video, dan sebagainya). Strategi yang dijalankan biasanya berbentuk direct marketing dimana perusahaan memberikan pesan direct call to action dalam benak konsumen.
  • Pemasaran sosial media: Social media marketing bisa menggunakan pemasaran direct maupun indirect melalui tools yang telah disediakan di masing masing platform social media. Contoh indirect seperti menulis sebuah bisnis blog yang berisikan tentang tips and trik. Untuk yang direct marketing, anda bisa menyematkan kupon discount pada twitter feed atau link produk yang anda pasarkan. Umumnya setiap platform social media menyediakan tools yang dapat anda gunakan untuk mempublikasikan artikel, comment, video, gambar dan lain sebagainya. Contoh Social Media Marketing  “Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook Tanpa Harus Iklan”
  • Content Marketing: lebih menitik beratkan kepada informasi yang anda berikan kepada konsumen atau audiences anda. Segala bentuk informasi yang anda buat melalui artikel yang memberikan nilai tambah kepada konsumen dapat dikatakan sebagai content marketing. Bentuknya dapat berupa: blog, artikel, ebook dan lain sebagainya. Anda dapat melakukannya juga melalui social media dengan memberikan update atau membagikan sesuatu yang bermanfaat kepada audiences anda.

artikel online adalah contoh sempurna dari Content marketing. Namun, pada saat  audiences anda membicarakan tentang konten yang anda bagikan, besar kemungkinan mereka akan membagikannya kepada kolega dan sahabatnya, sehingga konten anda mendapatkan publikasi gratis melalui social media. Dengan membagikan konten yang bermanfaat bagi audiences anda maka brand dan bisnis anda telah menjadi bagian dari hidup mereka.

BAGAIMANA ANDA BISA MEMANFAATKAN CONTENT MARKETING.

Manfaat utama dari konten marketing adalah membangun brand awareness untuk mengembangkan hubungan khusus kepada target market dan audiences anda. Intinya adalah membuat brand anda lebih menonjol dimata audiences anda. Melalui konsistensi dan terus menciptakan konten yang menarik, semakin banyak orang akan menemukan anda. Jika mereka tertarik dengan isi dari konten anda, maka mereka akan terus menginginkan yang lebih dan besar kemungkinan mereka juga akan berbagi dengan orang lain. Hal inilah yang akan membuka kesempatan kepada bisnis anda akan pasar yang lebih besar [global audiences]

konten yang anda buat membantu orang untuk memahami nilai dari brand Anda. Mereka bisa menjadi konsumen setia dan selalu membicarakan brand anda. Melalui konten marketinglah anda dapat menciptakan worth of mouth marketing [viral marketing]. Dimana hal ini merupakan impian dari semua pemilik bisnis.

TIGA BENTUK KONTEN MARKETING.

Tidak ada rumusan yang sukses dalam membuat konten marketing. Ada tiga bentuk konten marketing yang harus anda pahami yaitu:

  • Long form marketing: konten yang dipublikasikan dalam beberapa paragraph dan memberikan nilai tambah seperti posting blog, artikel, e-book, siaran pers, presentasi, video, podcast, webinar dan sebagainya.
  • Short form marketing: konten yang dipubilaksikan tidak lebih dari beberapa kalimat dan yang sifatnya memberikan informasi seperti update Twitter, update Facebook, linkedin update, gambar, sebuah sebagainya.
  • Sharing konten: Biasanya berupa pembahasan sebuah artikel melalui kolom komentar pada blog atau diskusi melalui forum forum online, komen pada video dan lain sebagainya. Bisa dibilang komunikasi terbuka dua arah antara anda dengan audiences.

Rencana pemasaran yang terbaik adalah strategi yang terintegrasi di mana satu bagian menghubungkan ke yang berikutnya. Hanya menerbitkan konten tidaklah cukup. Anda juga perlu untuk mempromosikan konten tersebut.

NB: baca juga artikel mengenai “cara membuat artikel menarik untuk dibaca dan viral” dan “cara menghasilkan uang dari internet dengan cepat tanpa ribet”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares