yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu di rumah

Artikel kali ini kita akan mengulas gerakan yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu di rumah beserta 10 gerakannya dan video yang dapat kalian lakukan di rumah.

Yoga sendiri kalau dalam Bahasa sansekerta berarti penyatuan dimana kita melakukan focus atau meditasi untuk memusatkan seluruh pikiran pada panca indara dan tubuh [kembali menyatu  dengan alam].

Dalam Bahasa sehari hari yoga merupakan suatu gerakan mengolah tubuh dengan berkonsentrasi kepada aliran nafas dalam melakukan suatu gerakan atau pose. Dengan melakukan gerakan pada yoga kita menyelaraskan antara hati, jiwa dan raga. Dengan melakukan yoga secara teratur dapat mengembalikan postur tubuh. Seberapa sering kita mengeluhkan sakit pada pinggang atau punggung dikarenakan terlalu sering duduk? Bayak dari kita tidak menyadari bahwa gerakan sehari hari yang kita lakukan bukanlah gerakan yang benar bagi tubuh kita.

Tubuh kita terdiri dari susunan sendi, tulang dan otot. Semuanya memiliki perannya masing masing. Tentunya jika salah satunya cedera atau bergeser, hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Melalui gerakan yoga posisi otot pada tubuh akan direnggangkan dan posisi tulang akan dikembalikan seperti semula. Hanya dibutuhkan waktu 15 menit untuk melatih gerakan yoga yang dapat mengembalikan postur tubuh dan kita dapat melakukannya di rumah.

yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu di rumah

yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu di rumah
Betulkah melakukan gerakan yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu bisa tercapai walaupun hanya dilakukan didalam rumah?  Mari kita lihat penjelasannya berikut ini.

 

Apakah yoga efektif dalam menurunkan berat badan?

Gerakan yang ada pada yoga berbeda dengan olahraga lainnya seperti kardio atau aerobic. Yoga lebih mefokuskan pikiran dalam menyelaraskan antara gerakan dan pola pernafasan. Beberapa penelitian menunjukan bahwa melakukan gerakan yoga selama satu jam dapat membakar kalori pada tubuh sebanyak 540 kalori dibandingkan hanya melakukan aerobic selama satu jam yang hanya dapat membakar 240 kalori.

Selain itu dengan melakukan gerakan pada yoga, tubuh tidak hanya membakar kalori melainkan juga melatih dan menambah masa otot seperti: bokong, lengan, perut, hamstring, betis, trisep dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu otot merupakan peranan penting dalam hal membakar lemak pada tubuh. Hanya melakukan kardio atau aerobic, tubuh hanya membakar lemak hanya pada saat kardio. Berbeda dengan yoga atau angkat beban.

Melakukan gerakan yang melibatkan otot dan menambah masa otot, maka tubuh tidak hanya membakar kalori melainkan juga membakar lemak selama 24 jam kedepan. Semakin banyak kalori dan lemak tubuh terbuang, maka semakin baik metabolisme pada tubuh sehingga dapat mencegah penimbunan lemak yang diakibatkan oleh makanan berlebih.

Dengan melatih pikiran pada saat melakukan gerakan yoga, kita dapat mengontrol nafsu makan berlebih. Pikiran kita mulai dapat membedakan rasa lapar yang sesungguhnya.

12 gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula.

By Healthysexy & fit.

Berikut ini adalah latihan atau gerakan yoga untuk menurunkan berat  badan bagi pemula

Tadasana Pose

Merupakan gerakan mendasar sangat mudah dilakukan untuk pemula. Gerakan ini untuk menguatkan otot perut, serta untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

 

yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu di rumah

Pavanamuktasana Pose

Pose ini berguna untuk mengecilkan perut dan lingkar pinggang. Gerakan yang dilakukan memiliki 3 fariasi, dimulai dari kaki kiri seperti pada foto di atas, kemudian dengan menggunakan kaki kanan dan yang terakhir menggunakan dua kaki secara bersamaan. Dapat diulang sebanyak lima kali untuk setiap variasi gerakan.

Bhujangasana Pose

Gerakan pada Bhujangasana ini berguna untuk melenturkan otot pinggang serta memperbaiki tulang belakang. Dengan menegakkan tubuh seperti pada foto dibawah juga dapat merangsang otot perut sehingga baik untuk pembakaran lemak dalam tubuh.

Berikut ini adalah latihan atau gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula

Dhanurasana Pose

Pose Dhanurasana ini sangat baik untuk melenturkan badan dan memperbaiki postur tubuh. Gerakan pada dhanurasana ini agak sulit untuk dilakukan, namun patut dicoba. Pada saat melakukan gerakan ini otot pada perut dan punggung akan berkontraksi.  Hal ini baik untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan vitalitas.

Padahastasana Pose

Pada gerakan padahastasana selain untuk mengencangkan otot pada perut, Pose ini juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan oksigen pada otak. Lihat pada gambar dibawah ini dan lakukan sebanyak 5 kali.

 

Berikut ini adalah latihan atau gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula

 

Naukasana Pose

Gerakan seperti huruf V pada Naukasana Pose, seperti pada gambar diatas. Pada gerakan ini, kita mengkontraksikan hampir semua otot pada tubuh. Gerakan ini juga dapat melatih kelenturan dan keseimbangan pada tubuh.

Uttanpadasana pose

Gerakan ini baik untuk melatih otot perut bagian bawah. Sangat baik untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut bagian bawah. Seperti pada gambar dibawah ini.

 

12 gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula.
.

 

Vrksasana Pose

Pada posisi Vrksasana ini, kita melatih keseimbangan tubuh. Konsentrasi pikiran sangat dibutuhkan agar dapat mencapai keseimbangan. Lakukan gerakan seperti gambar diatas lalu ulangi dengan posisi kaki yang berbeda.

Chaturanga Pose

Otot yang banyak digunakan pada gerakan Chaturanga ini adalah perut, punggung, bahu, trisep dan pinggul. Bagus untuk mengecilkan perut dan lingkar pinggang. Lakukanlah pose ini berulang ulang seperti pada gambar dibawah ini.

Berikut ini adalah latihan atau gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula

Marjariasana Pose

Gerakan yang satu ini dapat membantu kita dalam mengurangi stress dan mengontrol emosi. Pada Marjariasana ini juga aman dilakukan bagi ibu hamil. Dapat meningkatkan kelenturan pada tulang belakang tubuh. Pada saat menghembuskan nafas, Tarik bokong ke atas seperti pada gambar di atas.

Paschimottanasana Pose

Gerakan pada pose ini berfungsi untuk merenggangkan otot tubuh, memperbaiki sirkulasi peredaran darah dan melenturkan badan agar tidak kaku. Lakukan Paschimottanasana ini selama satu menit dan ulangi sebanyak lima kali seperti gambar dibawah ini.

 

Berikut ini adalah latihan atau gerakan yoga untuk menurunkan berat badan bagi pemula

Navasana Pose

Pada gerakan navasana ini kita melatih pikiran untuk menjaga keseimbangan dan konsentrasi pada tubuh. Agak sulit untuk dilakukan praktisi yoga pemula. Pada gerakan ini tubuh membentuk posisi huruf V dengan sempurna. Pada posisi ini kita menggunakan hampir seluruh otot yang terdapat pada tubuh kita. Baik untuk menurunkan berat badan dan menambah masa otot.

Yoga untuk menurunkan berat badan dalam seminggu.

Tentunya hanya dengan melakukan yoga tanpa diimbangi dengan pengurangan jumlah kalori  yang masuk pada tubuh tidak akan bisa untuk menurunkan berat badan dalam seminggu. Analoginya seperti ini: untuk menurunkan berat badan kita perlu menghitung kebutuhan kalori pada tubuh setiap harinya. Besarannya kalori tergantung dengan aktifitas harian yang kita lakukan setiap harinya.

Kita dapat menghitungnya melalui kalkulator kalori. Katakanlah kebutuhan kalori harian kita adalah 2800 kalori. Maka untuk menurunkan berat badan kita harus memastikan kalori yang masuk dibawah 2800 kalori. Tentu dengan yoga kita telah membakar kalori. Tapi apabila setelah yoga kita langsung makan melebihi jumlah  kalori harian, hal tersebut menjadi sia sia.

Agar berat badan kalian bisa turun dalam seminggu, ada baiknya kita mengkombinasikan yoga degan diet atau jika kalian ingin hasil yang cepat dan lebih optimal bisa juga dengan Smart detox.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares